Cara Mencari Modal Usaha or Cara Mendapatkan Modal Usaha

Suatu usaha atau bisnis tentunya membutuhkan suatu modal. Sehingga tak sedikit orang yang mencari tahu bagaimana cara mencari modal usaha? Atau bagaimanakah cara mendapatkan modal usaha?

Banyak cara yang dapat ditempuh untuk menuju roma. Jadi jangan putus asa terlebih dahulu bila modal yang dibutuhkan belum kunjung ditemukan. Adakah tips mencari uang sebagai modal untuk bisnis atau usaha? Untuk tips sepertinya belum ada tetapi untuk cara-cara adalah sebagai berikut :
Bagi para mahasiswa, cara memperoleh uang atau modal untuk usaha dapat diperoleh dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh DIKTI. Dari program ini, para mahasiswa dapat memperoleh modal cukup besar untuk menjalankan usahanya yaitu maksimal 10 juta rupiah ( bila belum ada perubahan). Selain itu bila dapat lolos ke PIMNAS(Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional), dan mendapatkan gelar yang terbaik disana maka uang yang didapatkan pun juga semakin besar.

Bukan hanya PKM dari Dikti saja yang dapat diikuti. Kadang dari pemerintah provinsi juga menyelenggarakan PKM. Jadi para mahasiswa dapat berjuang dari adanya dari PKM.

Bagi semua kalangan, yang selanjutnya yaitu dengan cara menabung. Yaitu bagi yang sudah bekerja dapat menyisihkan sedikit gaji. Bagi yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah dapat menyisihkan sedikit demi sedikit uang saku. Serta bagi yang tidak bekerja dan juga sudah tidak sekolah dapat mencari pekerjaan terlebih dahulu. Disamping itu juga supaya dapat memperoleh banyak pengalaman yang didapat sebagai bekal ketika berwirausaha nantinya.

Selain menabung, anda juga dapat memperoleh uang untuk modal dengan cara meminjam. Nah untuk cara mendapatkan pinjaman modal usaha, anda dapat meminjam ke orang tua (bila orang tua memiliki harta lebih). Kemudian bisa juga melakukan pinjaman modal usaha ke bank, koperasi atau dapat menggadaikan barang ke instansi Pegadaian. Tetapi biasanya yang tidak memiliki barang jaminan sangat sulit mendapatkan. Kecuali bila yang dipinjam hanya kecil, sekitar 1 juta kebawah ( biasanya di koperasi tidak perlu memakai jaminan atau agunan).

Tetapi ingat bila meminjam itu resikonya besar. Karena bila usaha yang anda jalankan gagal maka untuk membayar hutang nanti pakai apa? So, pikirlah matang-matang sebelum meminjam serta ingat, teori terkadang tidaklah sama seperti kenyataan.

Terakhir, carilah investor yang dapat menginvestasikan modal untuk usaha anda.

Iitulah cara-caranya, semoga postingan singkat di blog Ide Bisnis dan Ide Usaha ini, dapat bermanfaat dan mudah-mudahan usaha yang dijalankan dapat sukses.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...